Penyebab PTK di Dapodik Tidak Masuk Dalam Aplikasi PMP Dikdasmen 2016

Ada beberapa kendala yang sering dikeluhkan rekan-rekan Operator Sekolah saat proses pengisian aplikasi PMP Dikdasmen, salah satunya yaitu tidak masuknya salah satu atau beberapa PTK pada aplikasi PMP padahal pada aplikasi Dapodiknya telah dientri.

Masalah ini biasanya terjadi saat rekan-rekan Operator Sekolah saat memasukkan data PTK dengan menggunakan fitur "Salin PTK" yang ada pada menu Manajemen Pengguna aplikasi PMP Dikdasmen.

Perlu diketahui bahwa salah satu syarat agar guru bisa mengisi Kuosioner pada aplikasi PMP adalah guru/PTK bersangkutan telah memiliki email yang sudah diinputkan pada aplikasi Dapodikdasmen.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) 2016 Tidak Bisa Dibuka

Email tersebut nantinya berguna sebagai Username saat hendak login saat menggunakan fitur menu "Tukar Pengguna", sedangkan pada siswa sudah memiliki NISN pada aplikasi Dapodikdasmennya.

Cara Tambah PTK pada Menu Tambah Pengguna Aplikasi PMP Dikdasmen :

1. Silahkan buka/login menggunakan akun Operator Sekolah (buka yang lain)
2. Klik menu "Manajemen Pengguna" di sidebar aplikasi PMP
3. Klik tombol "Salin PTK"
4. Selanjutnya akan tampil jendela Pop Up (munculan) sebagai konfirmasi bahwa akan menyali PTK dari aplikasi Dapodikdasmen untuk menjadi pengguna aplikasi PMP. Silahkan tekan tombol "Ya" untuk melanjutkan


5. Saat proses salin PTK selesai dilakukan, selanjutnya akan muncul kembali jendela Pop Up yang berisi jumlah PTK yang berhasil disalin, berapa yang gagal, dan berapa yang dilewati.


6. Selesai. Silahkan cek jumlah PTK yang berhasil disalin pada aplikasi PMPnya

*)Khusus bagi Pengawas Sekolah dan Komite, untuk menambah PTK silahkan gunakan tombol "Tambah"  yang dilanjutkan dengan mengisi beberapa data yang diperlukan.

Baca juga: Download Aplikasi PMP Dikdasmen Versi 1.4 Tahun 2016 Terbaru

Sekian informasi tentang "Penyebab PTK di Dapodik Tidak Masuk Dalam Aplikasi PMP Dikdasmen", selamat bekerja dan semoga bemanfaat untuk rekan-rekan Operator Sekolah di seluruh Indonesia.

2 komentar:

  1. seorang operator sudah seharusnya mengisi data dengan teliti,

    BalasHapus
  2. seorang operator sudah seharusnya mengisi data dengan teliti,

    BalasHapus

Berikan tanggapan, saran, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !