"OPERATOR SEKOLAH TAMAN KROCOK Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1438 H, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Tips Sukses Mengikuti Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru UKG 2015

Untuk mengikuti pelaksanaan UKG tahun 2015 tentu segala persiapan  harus dilakukan. Mulai dari belajar kisi-kisi, latihan soal UKG, maupun belajar tentang tata cara menggunakan aplikasi UKG. Dalam rangka persiapan mengikuti UKG tersebut juga ada beberapa hal lainnya yang juga penting dan harus dipersiapkan seperti mengetahui tempat TUK (Tempat Uji Kompetensi), peralatan yang harus dibawa dan tidak boleh dibawa saat ujian, maupun tekhnik pelaksanaan UKG yang harus diikuti.


Berikut ini kami coba rangkumkan tips saat hendak mengikuti pelaksaanaan UKG berdasarkan pengalaman di lapangan dan tetntunya akan sangat membantu nantinya saat pelaksanaan UKG.

Tips Sukses Mengikuti Pelaksanaan UKG tahun 2015 :
  1. Cek lokasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang sudah tertera pada kartu peserta UKG. Kesulitan menemukan tempat UKG saat hari pelaksaanan tetntu akan sangat menguras energi dan menggangu mental peserta nantinya.
  2. Jika ruang tempat ujian atau TUK dalam satu sekolah atau lembaga terdapat lebih dari satu ruangan, misalanya di lab 1, lab 2, lab 3, dan seterusnya. Lakosi ruangan ini ini bisasnya tidak tertera lengkap pada kartu ujian, jadi untuk mengetahuinya silahkan cek pada rekap peserta UKG yang sudah diedarkan atau tanyakan langsung melalui Operator Sekolah, Operator Dinas, atau Panitia UKG.
  3. Tanyakan kepada panitia di masing-masing lokasi atau tempat pelaksanaan UKG anda misal nama tidak tertera pada daftar hadir atau sebagainya.
  4. Bawa atau catat Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) atau Peg.Id yang anda miliki. NUPTK tersebut biasanya diperlukan saat hendak mengisi daftar hadir ditempat UKG.
  5. Hadirlah beberapa saat sebelum waktu yang ditentukan dan segera menuju ke tempat atau ruangan UKG anda untuk mengisi absesn atau daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia didepan ruangan masing-masing.
  6. Bawalah Kartu Peserta UKG saat mengikuti ujian, hal tersebut selain sebagai identitas peserta juga Nomor Peserta dan Nomor Validasi yang terdapat pada kartu peserta tersebut nantinya digunakan untuk login pada aplikasi UKG.
  7. Peserta nantinya akan melakukan tiga kali (3 kali) login pada aplikasi UKG 2015 yaitu:
    Pertama: Login untuk mengikuti sesi latihan UKG yang terdiri dari 10 soal latihan
    Kedua: Login untuk mulai mengikuti atau mengerjakan soal UKG, bobot dan jumlah soal tidak sama antar peserta sesuai mata pelajaran yang dimilki. Contoh: jumlah soal 80 soal untuk guru kelas SD (kelas rendah) dan 100 soal untuk guru penjaskes SD.
    Ketiga: Login untuk mengikuti Survey seputar pelaksanaan UKG 2015. Jumlah soal survey sebanyak 20 soal, silahkan isi survey sesuai fakta dilapangan sebagai masukan nantinya bagi pemerintah/lpanitia pelaksana UKG untuk pelaksanaan UKG di tahun berikutnya
  8. Waktu yang disediakan saat ujian nantinya adalah 2 jam (120 menit). Silahkan lihat durasi waktu yang tersedia pada aplikasi ujian. Durasi waktu tersebut akan berjalan mundur atau berkurang sesuai dengan alokasi waktu yang masih tersisa.
  9. Jangan terburu-buru untuk menyelasaikan ujian, silahakan cek semua soal apakah sudah terisi seluruhnya atau belum dengan melihat tabel yang tertera di sebelah kanan aplikasi UKG (Silahkan sroll halaman kebawah untuk melihat semua jumlah soal yang tersedia) karena berdasarkan pengalaman dilapangan ada peserta yang mengira jumlah soal hanya 80 soal padahal setelah discroll pada tabel jumlah soalnya yang harus dikerjakan ternyata adalah 100 soal bukan 80 soal.
  10. Jika sudah bena-benar yakin untuk menyelasaikan ujian, silahkan tekan tombol "Tangan" yang tedapat di sebelah kanan atas aplikasi UKG.
  11. Catat jumlah benar dan salah untuk soal pedagogik dan catat juga jumlah benar dan salah untuk soal profesional. Jumlah benar dan salah ini akan secara langsung ditampilkan setelah anda menyelesaikan ujian dengan menekan tombol tangan. Dengan mencatat atau mengetahui jumlah soal benar atau salah yang sudah dikerjakan, peserta nantinya bisa mengevaluasi sejauh mana kemampuan yang dimilki.
  12. Sebelum meninggalkan ruang ujian, cek kembali barang-barang yang anda bawa. misal: HP, Tas, Jaket atau lainnya. 
  13. Tanyakan juga apakah peserta masih harus mengisi absen atau daftar hadir kembali setelah mengikuti proses UKG.
Tambahan:
Perlengkapan yang harus dibawa dan sebaiknya dibawa ke tempat UKG:
  1. Kartu peserta UKG
  2. NUPTK / Peg.Id (silahkan catat pada kertas)
  3. Alat tulis pulpen, pensil, dan karet penghapus (untuk mengisi daftar hadir atau mengisi oret-oretan saat mengerjakan soal pada kertas buram yang telah disediakan panitia)
Barang yang tidak boleh dibawa ke tempat atau ruang UKG:
  1. HP (silahkan titipkan HP pada panitia ujian di masing-masing ruangan)
  2. Kamera
  3. Kalkulator
  4. Buku catatan atau materi UKG
Yang semestinya dilakukan peserta UKG:
  1. Gunakan pakaian rapi
  2. Bersepatu
Grade nilai yang harus dipenuhi oleh peserta UKG 2015:
  1. Grade 1-3 nilai UKG 2015 kurang dari 40 dengan label "tidak layak guru"
  2. Grade 4-7 nilai UKG 2015 antara 40-70 akan mendapatkan pembinaan pedagogik dan profesional
  3. Grade 8-10 nilai UKG 2015 70 keatas dinyatakan lulus
Cara menghitung grade UKG 2015:
Misalnya soal yang harus dikerjakan adalah 80 soal (24 soal pedagogik dan 56 soal profesional) dan hasil ukg yang anda peroleh misalnya : Benar 20 untuk soal pedagogik dan benar 40 untuk 56 soal profesional
Maka bisa dihitung (20+40) / 8 = 7.5 atau 75
Masuk Grade 8-10 nilai UKG 2015 70 keatas dinyatakan "LULUS"

Sekian informasi tentang 'Tips Sukses Mengikuti Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru UKG 2015', untuk informasi lebih jelasnya silahkan tanyakan langsung kepada panitia dimasing-masing tempat pelaksaaan ujian UKG. Semoga bermanfaat dan tunggu informasi kami seputar UKG 2015 lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar