Cara Praktis Memperkecil Resolusi / Ukuran File Foto dengan Paint

Guna keperluan pengisian data di akun PTK Padamu Negeri, masing-masing PTK diharuskan untuk mengupload foto diri. Resolusi maksimum yang diperbolehkan untuk diupload adalah 250 x  400 pixel (lebar: 250 pixel & tinggi: 400 pixel). Pada sebagian PTK yang sudah mahir menggunakan berbagai macam aplikasi dikomputer tentu untuk merubah resolusi foto seperti ukuran maksimum diatas adalah hal yang sangat mudah, namun lain halnya bagi PTK yang belum mahir pasti akan menemui kesulitan.


Cara memperkecil resolusi / ukuran foto sebenarnya sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menggunakan aplikasi Paint bawaan windows yang umum dipakai pada setiap komputer atau laptop. Dengan aplikasi Paint tersebut sudah cukup untuk memperkecil resolusi foto sesuai ukuran yang diinginkan.

Cara memperkecil resolusi  foto dengan aplikasi Paint :
  1. Siapkan file foto yang hendak diperkecil resolusinya
  2. Buka/jalankan aplikasi Paint dengan cara klik menu Start (di pojok kiri bawah layar) > All Programs > Accessories > Paint
  3. Buka file foto dengan program Paint tersebut dengan cara tekan Ctrl + O (secara bersamaan) pada keyboard. Selanjutnya cari dan pilih/klik file foto sesuai directory/tempat menyimpan pada komputer, dan terakhir klik Open
  4. Selanjutnya klik menu Resize atau bisa dengan cara menekan Ctrl + W


  5. Setelah muncul tabel Resize and Skew, pilih/klik pada Pixel


  6. Ubah ukuran resolusi sesuai selera pada salah satu kolom saja (pastikan 'Maintain aspect ratio' dalam keadaan tercentang agar lebar dan tinggi file foto tetap relevan). Jika sudah klik tombol OK
  7. Terakhir SAVE atau tekan Ctrl + S
  8. Berikut contoh hasil dari sebelum dan sesudah diperkecil resolusinya
  9. Selesai.

CATATAN:
  • Resolusi ukuran file foto tidak harus sama persis 250 x 400 pixel seperti yang persyaratkan pada akun PTK Padamu Negeri, namun resolusinya boleh dibawah ukuran tersebut, karena ukuran tersebut hanyalah batas maksimum yang diperbolehkan. Contoh: 250x388, 200x300, ......dst. 
  • Cara memperkecil resolusi file foto dengan aplikasi Paint diatas juga bisa diterapkan untuk keperluan lainnya sesuai keinginan.

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Oke, terima kasih juga kunjungannya dan semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. thx infonya aplikasi praktis untuk ngubah rasio foto dengn instan ada gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, namun dengan aplikasi paint bawaan windows ini saja saya rasa sudah cukup instan dan tidak perlu lagi install aplikasi external.

      Hapus
  3. ya ampun membantu bgt. makasih buat info manfaatnyaaaa :)

    BalasHapus

Beri tanggapan, atau pertanyaan Anda melalui kotak komentar !