Aplikasi Generate File Prefill Dapodikdas untuk Sekolah

Generate prefill dapodikdas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh admin pusat dan KK Datadik/ Operator Dapodik Kabupaten, kini bisa dilakukan secara langsung oleh masing-masing Operator Sekolah.
Baru-baru ini Dirjen Dikdas telah mengeluarkan aplikasi generate prefill dapodik yang bisa diakses langsung oleh Operator Sekolah sehingga nantinya tidak perlu repot-repot lagi mengunjungi Operator Dapodik Kabuputen/Kota setempat.
Mungkin rekan-rekan operator sekolah masih banyak yang belum jelas tentang maksud dari generate prefill, untuk itu berikut kami mencoba sedikit untuk menjelaskan kembali tentang arti prefill dan fungsi generate prefill tersebut.
Prefill adalah file database yang dihasilkan dari proses sinkronisasi dari aplikasi dapodik ke server pusat dapodik. Prefill tersebut nantinya dapat digunakan sebagai backup dari data aplikasi dapodikdas untuk masing-masing sekolah.
Generate prefill adalah proses pembaharuan/update isi data prefill yang berasal dari hasil sinkronisasi terakhir ke server pusat dapodik.

Cara generate prefill dapodik menggunakan aplikasi generate prefill :
  1. Silahkan menuju laman generate prefill di link ini http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
  2. Selanjutnya silahkan pilih jenis prefill dengan mengklik tanda panah yang terdapat di samping kolom

  3. Sebagai contoh kami akan menggunakan kode REGISTRASI, selanjutnya silahkan masukkan kode pada kolom ke 2. Jika pada pilihan jenis prefill kita memilih REGISTRASI maka kode yang kita masukkan di kolom ke 2 adalah kode REGISTRASI aplikasi dapodikdas sekolah, namun jika memilih NPSN maka kode yang dimasukkan adalah nomor NPSN sekolah

  4. Klik GENERATE
  5. Maka proses generate prefill akan segera berjalan, silahkan tunggu hingga proses selesai

  6. Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut

  7. Silahkan download prefill tebaru hasil generate melalui situs dapodik atau klik link download yang tertera di pojok kanan atas tabel

UPDATE !!
Cara Download/ Generate Prefill Dapodik tahun 2016 baca DI LINK INI

Selanjutnya silahkan baca artikel tentang Cara Download Prefill Dapodikdas Hasil Generate.

2 komentar:

  1. gimana kalau mengambil prefil nya tanpa aplikasi dapodikdas

    BalasHapus
  2. pusing lagi koe tlg gmn cara generate prefill yg baru?
    punya ku ada tulisan eror.

    BalasHapus